web 2.0

Jumat, 21 Oktober 2011

PERADABAN YUNANI KUNO







PERADABAN YUNANI KUNO
Setelah mempelajari kegiatan 1 modul ini, Anda dapat:
1. menjelaskan peradaban Pulau Kreta;
2. menjelaskan kehidupan masyarakat Yunani;
3. menjelaskan sistem pemerintahan Yunani;
4. menjelaskan sistem kepercayaan Yunani;
5. menjelaskan peninggalan budaya Yunani; dan
6. menjelaskan masa akhir kejayaan Yunani.



Pokok-pokok Materi:
A. Peradaban Pulau Kreta.
B. Kehidupan Masyarakat Yunani.
C. Sistem Pemerintahan Yunani.
D. Sistem Kepercayaan Yunani.
E. Peninggalan Budaya Yunani.
F. Masa Akhir Kejayaan Yunani.
Peradaban Pulau Kreta (2600 SM - 2000 SM)



Gambar 1. Peta Wilayah Yunani Kuno
Untuk memahami peradaban Eropa Kuno, maka simaklah peta di atas. Kemudian bacalah uraian di bawah ini dengan seksama. Sejarah Eropa Kuno berawal dari kehidupan masyarakat Pulau Kreta yang terletak di sebelah selatan Yunani dengan pusat pemerintahannya di Knossus.
Selain Knossus masih ada kota-kota besar yang lain yaitu Phaestos, Tylissos, Hanos. Letak Pulau Kreta sangat strategis yakni di tengah-tengah jalur pelayaran antara Mesir, Yunani dan Mesopotamia. Keadaan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau Kreta untuk hidup dari sektor pelayaran dan perdagangan. Selain itu Pulau Kreta juga menjadi jembatan budaya antara Asia, Afrika dan Eropa.

Sumber-sumber apakah yang mengisahkan mengenai sejarah Pulau Kreta ? Sejarah Pulau Kreta dapat diketahui dari karya sastra berupa legenda dan mitologi karangan penyair Homerus yang berjudul Illiad dan Odysseia. Homerus menceritakan Pulau Kreta yang indah permai, memiliki tidak kurang dari 90 kota. Uraian tersebut diperkuat oleh Sir Arthur Evans dari Inggris yang pertama kali melakukan penggalian pada tahun 1878 M. Dengan penggalian tersebut ditemukan bukti-bukti arkeologi mengenai kejayaan Pulau Kreta di masa yang lalu.

Apa saja peninggalan peradaban Pulau Kreta?
Uraian di bawah ini akan menjawab rasa ingin tahu Anda. Dari kegiatan pelayaran dan perdagangan telah menyebabkan tingkat kemakmuran yang tinggi bagi masyarakat Pulau Kreta. Kota-kota pusat perdagangan seperti Knossus dan Phaestos telah tertata dengan baik. Bangunnan gedung pada umumnya terbuat dari batu bata serta ada bangunan yang bertingkat.

Di Knossus ditemukan reruntuhan istana yang berbentuk labyrinth (rumah siput). Perhatikanlah gambar reruntuhan istana Knossus di bawah ini. Mengapa istana Knossus berbentuk rumah siput ?

Labyrinth berasal dari kata Labrys yang berarti “mudah tersesat”. Bangunan istana didesain demikian agar seseorang yang masuk akan mudah tersesat karena susunan kamar-kamar, ruangan dan lorongnya ruwet untuk menghalangi para penjahat yang masuk istana dan ingin menjarah kekayaan istana.

Gambar 2. Reruntuhan istanaKnossus.
Selain itu karena letaknya yang strategis tidak tertutup kemungkinan Pulau Kreta menjadi incaran bangsa lain untuk menaklukkan dan menguasainya. Masyarakat Pulau Kreta juga mengenal seni Lukis Fresko, seni porselin/gerabah, seni pahat pada gading atau media yang lain dan seni kerajinan logam. Karya seni ini juga menghasilkan peralatan rumah tangga misalnya alat pertukangan, sepatu, pengecoran logam dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga telah mengenal bentuk tulisan yang disebut tulisan Minos. Nama Minos berasal dari nama seorang raja besar di Pulau Kreta, bahkan kebudayaan Pulau Kreta akhirnya disebut kebudayaan Minoa. Walaupun telah ditemukan peninggalan tulisan namun sampai sekarang belum berhasil dibaca sehingga sejarah Pulau Kreta belum dapat diungkap secara jelas.
Pada abad 15 SM kerajaan Pulau Kreta mengalami keruntuhan.
Menurut Anda apa penyebab keruntuhan tersebut ? Tuliskan jawaban Anda pada ttitik-titik di bawah ini.
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
.......................................................................................................................................
Setelah Anda menuliskan jawaban kemudian cocokkan dengan uraian di bawah ini.
Masa akhir kejayaan Pulau Kreta tak dapat digambarkan secara pasti. Menurut dugaan para ahli ada kemungkinan karena bencana alam. Sekitar abad 15 S.M gunung Thera yang letaknya 100 km. diutara Pulau Kreta meletus dan memuntahkan larva dan abu yang menutupi angkasa, menghalangi aktifitas kehidupan serta mematikan pelbagai tumbuh-tumbuhan. Selain bencana alam, diduga ada invasi bangsa pendatang yang berasal dari ras Indo Jerman dari Asia Tengah yang bergerak ke Yunani kemudian ke pulau Kreta.

Selain dari letaknya peradaban Pulau Kreta tidak tertutup kemungkinan mendapat pengaruh dari Mesir dan Mesopotamia karena hubungan perdagangan dan pelayaran seperti telah Anda baca pada uraian di atas. Setelah runtuh kebudayaan Pulau Kreta berkembang di daratan Yunani mula-mula berada di kota Mycena (salah satu daerah kekuasaan pemerintahan Pulau Kreta sebelumnya.) Itulah sebabnya Pulau Kreta disebut sebagai jembatan budaya Asia, Afrika dan Eropa.‘

Setelah membaca uraian di atas, tentu Anda sudah memahami mengenai peradaban Pulau Kreta.
Selanjutnya kerjakanlah tugas di bawah ini.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan mengisi titik-titik disampingnya
1. Sumber sejarah untuk mempelajari Pulau Kreta adalah ... dan ....
2. Kehidupan ekonomi masyarakat Pulau Kreta bertumpu pada kegiatan....
3. Peninggalan budaya Pulau Kreta berupa ....
    a. ....
    b. ....
    c. ....
    d. ....
4. Tujuan pembuatan istana berbentuk Labyrinth adalah ....
5. Masyarakat Pulau Kreta mengenal tulisan yang disebut ....
6. Sebab-sebab keruntuhan kerajaan Pulau Kreta antara lain karena ... ataupun ....
Jawab
1. Cerita Illiad dan Odyseia karangan Nomerus dan penggalian direruntuhan Knossus oleh Sir Arthur Evans.
2. Pelayaran dan perdagangan.
3. Seni bangunan, seni lukis, seni keramik, seni patung dan kerajinan logam.
4. Mencegah orang asing maupun pengganggu yang masuk istana dan ingin menjarah kekayaan istana.
5. Minos.
6. Bencana alam yaitu akibat meletusnya gunung Thera atau invasi bangsa Indo Jerman.
Apakah jawaban Anda sudah tepat ? Bagus.
Seterusnya Anda dapat melanjutkan belajar mengenai peradaban yunani pada uraian berikutnya.

Kehidupan Masyarakat Yunani

Sebelum membicarakan kehidupan masyarakat Yunani Anda perlu memahami terlebih dahulu letak geografis Yunani. Simaklah peta di halaman 1 kemudian bacalah uraian berikut ini.
Letak geografis Yunani sekarang sama dengan Yunani kuno yang akan Anda pelajari. Yunani terletak di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Selain di daratan tersebut wilayahnya juga meliputi pulau di Laut Aegeia. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur adalah Laut Aegeia, di selatan adalah Laut Tengah dan di barat adalah Laut Ionia.
Jika peradaban kuno di Asia dan Afrika yang telah Anda pelajari memiliki pola umum yaitu merupakan peradaban lembah sungai dengan kegiatan ekonomi yang utama adalah pertanian (agraris) maka peradaban Yunani maupun Romawi sebagai akar budaya peradaban Eropa menyimpang dari pola umum.
Sebagian besar wilayah Yunani bergunung-gunung sehingga antar wilayah terpisah antara satu dengan yang lain. Tiga puluh prosen daerahnya berupa daratan rendah yang terdapat di dekat laut dan terbentuk oleh endapan lumpur sungai. Sisanya berupa jazirah yaitu Peloponesos dan Attica.

Gunung-gunung dan teluk-teluk di Yunani yang tak terhitung banyaknya pada waktu itu menghalangi komunikasi melalui darat. Lembah-lembah dan daratan rendah yang terpisah-pisah merupakan unit-unit geografis dan ekonomi yang bersifat alami, dan menjadi pemisah kesatuan unit politik. Kesatuan politik itu disebut Polis dan Negara Kota (City State) yang wilayahnya meliputi kota itu sendiri dan daerah-daerah sekitarnya. Tanah Yunani yang bergunung-gunung pada umumnya kurang subur. Di lereng pegunungan masyarakat dapat menanam gandum serta anggur. Untuk mencari daerah yang subur maka para petani (disebut Colonus) meninggalkan negerinya dan mendirikan daerah koloni di sekitar Yunani. Daerah koloni Yunani antara lain terdapat di Italia Selatan, Mesir, Palestina dan Asia Kecil (Turki sekarang). Dari kegiatan tersebut muncullah istilah kolonialisme. Antar kaum kolonis dengan negeri induknya tetap terjalin hubungan.
Selain kegiatan pertanian, masyarakat Yunani juga mengembangkan perekonomian melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan karena letaknya yang strategis di perairan Laut Tengah. Setelah mengetahui keadaan alamnya maka uraian berikut ini dapat Anda pelajari mengenai siapakah bangsa Yunani itu ?

Bangsa Yunani merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas yang gagah berani. Mereka berimigrasi sejak tahun 2000 Sm kemudian menetap di berbagai daerah. Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta.Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis utamanya Delphi.

Polis yang berkembang mula-mula di daratan Yunani adalah kota perdagangan Mycena (yang semula merupakan daerah koloni kerajaan Kreta). Kemudian berkembanglah ratusan polis di Yunani. Hubungan antar polis di Yunani antara lain dalam perdagangan maupun pertukaran ide/gagasan yang kemudian membentuk peradaban Yunani. Masyarakat Yunani bangga sebagai warga kota, mereka merasa Superior sedangkan yang tinggal di luar polis dianggap sebagai bangsa ”barbar”. Rasa Superior itu kemudian tampak pada masyarakat yang tinggal di polis-polis terkemuka Yunani antara lain Sparta dan Athena. Bangsa Yunani sulit bersatu karena antar polis saling bersaing untuk memperebutkan puncak kekuasaan. Namun pada saat menghadapi ancaman bangsa lain antara polis Sparta dan Athena dapat ”bersatu” sehingga memperoleh kemenangan.
Tepatlah pepatah yang menyatakan “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Siapakah bangsa yang menyerang Yunani dan apa sebabnya? Serangan itu dilakukan oleh bangsa Persia yang berlangsung tiga kali antara tahun 500 - 480 SM sehingga disebut perang Persia. Penyebabnya adalah Yunani membantu daerah koloninya di Asia kecil yang menjadi sasaran ekspansi raja Persia.

Peristiwa yang menarik pada perang Persia adalah adanya lari marathon. Bagaimana peristiwanya? Pada serangan yang ke dua tahun ±490 SM tentara Persia dapat dikalahkan oleh pasukan Athena di dekat kota Marathon.
Prajurit yang bernama Feidippides mengabarkan berita kemenangan ini dengan berlari sejauh 26 kilometer dari Marathon ke Athena. Untuk mengenang peristiwa itulah maka di dunia olah raga Anda mengenal lomba lari marathon. Apakah Anda sanggup lari marathon ? Silahkan mencoba !

Kehidupan masyarakat Yunani yang mendiami wilayah beriklim mediteran yang selalu hangat dan segar memungkinkan bersikap optimis dan berwatak riang. Suasana langit yang terang tanpa banyak awan di daerah Attica (Athena) juga menyebabkan semangat penduduknya tinggi dan kreasinya menonjol. Itulah sebabnya di Athena berkembang pesat kebudayaan baik di bidang seni maupun ilmu pengetahuan dan filsafat.

Sebelum Anda mempelajari uraian berikutnya, maka jawablah pertanyaan di bawah ini untuk mengukur pemahaman Anda.
Cobalah Anda menjawab pertanyaan terlebih dahulu, baru kemudian cocokkan dengan kunci jawaban di bawahnya.
Tabel 1. Kehidupan masyarakat Yunani
Setelah Anda selesai mengerjakan kemudian cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban di bawah ini.
Jawab
1.   Laut Ionia
2.   Laut Aegeia
3.   Italia Selatan, Mesir,
4.   Petani Yunani
5.   Pelayaran dan perdagangan
6.   Negara kota
7.   Doria
8.   Padang rumput sekitar Palestina dan Asia kecil laut Kaspia
9.   Feidippides
10. Riang dan optimis
Apakah jawaban Anda betul semua ? Bagus. Kini Anda dapat melanjutkan pelajaran tentang sistem pemerintahan Yunani dengan membaca uraian berikut ini.

Sistem Pemerintahan Yunani

Yunani tidak pernah memiliki sistem pemerintahan sentralisasi karena tiap-tiap polis mengembangkan sistem pemerintahan masing-masing. Pada uraian berikut ini Anda dapat mempelajari sistem pemerintahan dari dua polis yang terkemuka di Yunani yaitu Sparta dan Athena dengan konstitusi yang berbeda. Bila anda mempelajari peradaban Yunani sebenarnya anda mempelajari peradaban dari polis Athena.
1.
Sparta:
Konstitusi Sparta membagi masyarakat menjadi 3 golongan yaitu:
  1. “Citizens” atau orang-orang Sparta yang jumlahnya antara 5-10% dari seluruh penduduk. Mereka terdiri dari para penguasa dan tentara.
  2. Kaum Helot: merupakan sebagian besar dari penduduk yang bekerja sebagai tani, buruh tani dan pelayan dari orang-orang sparta.
  3. Peiroikoi yaitu yang tinggal di pinggiran kota, hidup sebagai petani, pedagang dan bekerja di pertambangan mereka menyukai kebebasan pribadi.
“Citizens” atau orang-orang Sparta merupakan keturunan dari para penakluk (Suku bangsa Doria) yang datang dari arah utara menuju Peloponesos. Mereka menduduki dataran rendah Laconia yang paling subur serta mendesak penduduk aslinya menjadi kaum Helot dan Perioikoi.
Untuk menjaga kemungkinan timbulnya pemberontakan baik dari dalam maupun dari luar, penguasa pemerintahan Sparta selalu siaga dan meningkatkan ketangguhan militernya terutama pada masa pemerintahan Lycurgus sekitar tahun 625 SM.
Sistem pemerintahan Sparta yang militeristis tersebut mengutamakan latihan kemiliteran dan disiplin yang keras bagi masyarakat. Anak yang baru lahir menjalani pemeriksaan fisik di depan Ephor. Bayi yang cacat atau tidak sehat dibuang di gua-gua atau di gunung-gunung dan dibiarkan mati atau agar di pungut oleh orang-orang Helot. Orang tua membesarkan anak laki-lakinya sampai usia 7 tahun. Sesudah itu mereka dimasukkan ke sekolah militer yang diselenggarakan oleh negara. Mereka dididik sebagai tentara yang tangguh.
Pada usia 20 tahun mereka diijinkan menikah namun harus menetap di barak/asmara tentara sampai usia 30 tahun untuk mengabdikan sepenuh hidupnya sebagai tentara. Tugas sebagai tentara baru berakhir sampai usia 60 tahun. Pada usia 30 tahun mereka menjadi warga negara yang memiliki hak memilih. Dengan langkah tersebut Sparta menjadi polis terkuat di jazirah Peloponesos.
Pemerintahan Sparta dijalankan oleh 2 orang raja yang absolut dan turun temurun. Selain Raja, ada jabatan ephor selaku penasehat yang berjumlah 5 orang. Lembaga yang lain beranggotakan hanya 28 orang yang berusia 60 tahun atau lebih, disebut Gereousia.
Gereousia memiliki hak veto terhadap undang-undang yang diajukan oleh DPR. Siapakah anggota DPR itu ? Anggota DPR adalah semua laki-laki warga kota Sparta yang berusia 30 tahun atau lebih, mereka bersidang setiap bulan purnama.

Dapat dikatakan Sparta merupakan dunia laki-laki. Laki-laki berperan sebagai tentara, pembuat hukum dan peraturan. Kegiatan wanita terbatas sebagai isteri, ibu dan pengatur rumah tangga.

Sampai disini uraian mengenai sistem pemerintahan Sparta.
Untuk mengukur pemahaman Anda, kerjakanlah tugas dibawah ini. Silahkan Anda menuliskan jawaban baru kemudian mencocokkan jawaban tersebut dengan kunci jawaban di bawahnya.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas:
  1. Jelaskan perbedaan profesi/pekerjaan dari orang-orang Sparta (Citizens) dengan kaum Helot.
    Jawab: ....
  2. Jelaskan perbedaan keanggotaan DPR di Sparta dengan Indonesia.
    Jawab: ....
  3. Mengapa demokrasi langsung sulit dilaksanakan sekarang ?
    Jawab: ....
Jawaban Latihan
  1. - Citizens : Sebagai penguasa atau tentara.
    - Kaum Helot : tani, buruh tani dan pelayan Citizens
  2. - Perbedaan keanggotaan DPR Sparta dengan Indonesia : DPR Sparta beranggotakan semua laki-
      laki warga Sparta yang suaranya mewakil pribadi di forum DPR.
    - Sedangkan keanggotaan DPR di Indonesia : wakil-wakil yang dipilih oleh rakyat melalui fraksi-
       fraksi yang ada di DPR yang memegang jabatan selama kurun waktu 5 tahun.
  3. Demokrasi langsung tidak mungkin dilaksanakan pada jaman sekarang karena jumlah penduduk yang sangat besar mencapai ratusan juta jiwa menyulitkan untuk bersidang secara langsung.

2.
Athena
Kehidupan di Athena berbeda dengan di Sparta. Jika warga Sparta mempunyai kewajiban untuk tugas-tugas pemerintahan dan pertahanan negara maka warga Athena dalam suasana demokrasi memiliki kemerdekaan berpikir, berpendapat serta maju dalam bidang politik, ekonomi, seni batik, seni pahat, seni bangunan maupun seni sastra.

Athena mengalami evolusi pemerintahan yang sempurna semula golongan aristokrat (bangsawan) mengesyahkan kekuasaan oligarkhi (pemerintahan di tangan sekelompok orang). Kemudian beralih ke sistem pemerintahan tirany (pemegang kekuasaan di tangan satu orang yang berkuasa penuh) kemudian berubah lagi menjadi sistem demokrasi. Apakah arti demokrasi ?

Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.


Pemerintahan demokrasi di Athena mencapai puncak kejayaan pada masa Perikles (462 - 429 SM). Beberapa negarawan dan pendekar hukum sebelum Perikles antara lain Drako (621 SM), Solon (594 SM), Kleistenes (508 SM).
Sistem pemerintahan di Athena mengenal beberpa lembaga antara lain :
  1. Archon yaitu pelaksana pemerintahan berjumlah 9 orang.
  2. Areopagos yaitu dewan yang mengawasi pelaksanaan pemerintahan Archon, sekaligus merangkap sebagai mahkamah agung. Anggotanya adalah mantan para archon.
  3. Boule semacam DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) yang memiliki tugas :
    1. menetapkan archon
    2. meminta pertanggungjawaban archon
    3. menghukum archon.
  4. Dalam bidang pertahanan dan keamanan dipegang oleh 10 orang ahli siasat perang yang menguasai angkatan darat dan angkatan laut.
Untuk menjaga kehidupan yang demokratis maka ada kebiasaan untuk mengasingkan atau mengucilkan seorang penguasa yang pada suatu tahap dalam pemerintahannya telah dicurigai berusaha menjadi penguasa mutlak yang dapat membahayakan negara. Tindakan pengucilan itu disebut ostrakisme. Istilah ostrakisme berasal dari kata ostrakon yaitu pecahan pot dari tanah liat.
Perhatikan gambar ostrakon di bawah ini !

Gambar 3. Tanda Ostrakisme
Setiap penduduk dapat menuliskan nama tokoh yang dianggap berbahaya pada Ostrakon. Jika terdapat nama seseorang dalam jumlah tertentu tertulis dalam Ostrakon maka ia akan diasingkan. Hasil penggalian di Athena pernah ditemukan tidak kurang dari 1000 Ostrakon yang tertulis antara lain nama Perikles.

Kalau demikian, apakah manfaat Ostrakon tersebut? Ostrakon bermanfaat mengingatkan kita untuk selalu menjaga keseimbangan antara ambisi pribadi dengan kepentingan negara.
Setelah Anda mempelajari sistem pemerintahan Sparta dan Athena maka tuliskan kesimpulan Anda mengenai sistem pemerintahan di dua polis tersebut pada titik-titik di bawah ini.
..................................................................................................................................
..................................................................................................................................

Dapat disimpulkan bahwa sistem pemerintahan Sparta didominasi oleh kaum militer, sedangkan Athena didominasi oleh golongan sipil dengan mengembangkan sistem demokrasi. Kedua sistem pemerintahan tersebut berkembang dan diterapkan oleh negara-negara modern sekarang.

Anda telah selesai mempelajari sistem pemerintahan Yunani, tentu masih banyak hal yang ingin Anda ketahui misalnya tentang kepercayaan bangsa Yunani. Untuk lebih jelasnya bacalah uraian berikut ini.

Sistem Kepercayaan Yunani

Masyarakat Yunani memuja banyak dewa atau Polytheisme. Berbeda dengan sikap orang Timur terhadap Dewa yang dipandang sebagai pribadi yang disembah karena takut. Dewa-dewa bagi orang timur merupakan roh atau digambarkan sebagai penguasa alam dan ada yang berwujud binatang, sedangkan masyarakat Yunani menggambarkan dewa-dewa yang disembahnya bertubuh dan berperilaku seperti manusia bahkan orang Athena sendiri menyatakan keturunan ion yaitu anak dewa Apollo.
Menurut pandangan orang Yunani, dewa-dewa itu memiliki tubuh seperti manusia tetapi lebih besar, lebih indah serta tidak dapat mati. Dewa-dewi memiliki sifat seperti manusia, ada yang baik dan buruk. Dewa-dewi berkeluarga, berperang dan bersaing untuk mempertahankan kekuasaan. Selain dewa-dewi mereka juga memuja hero (pahlawan) yaitu manusia setengah dewa yang sakti namun dapat mati. Salah seorang hero yang terkenal adalah Hercules.

Dewa-dewi itu antara lain ada yang tinggal di bukit Olymphus dipimpin oleh dewa tertinggi yaitu dewa Zeus yang beristri Hera yaitu dewi asmara.

Perhatikanlah patung dada yang dikenal sebagai dewa Zeus pada gambar di samping ini.
Dewa-dewi yang dipuja oleh bangsa Yunani berikutnya ialah:
1. Ares, dewa perang.
2. Artemis, dewi perburuan.
3. Hermes, dewa perniagaan.
4. Poseldion, dewa laut.
5. Apollo, dewa matahari dan kesenian.
6. Pallas Athena, dewi keselamatan (pelindung kota) dan ilmu pengetahuan.
7. Aphrodite, dewi kecantikan.
8. Dyonisos, dewa anggur.
9. Hades, dewa kematian.
10. Pan, dewa ternak.
11. Demeter, dewa pertanian.

Gambar 4. Patung Dada Dewa Zeus
Bagaimanakah cara bangsa Yunani melakukan penghormatan kepada para dewanya khususnya pemujaan terhadap dewa Zeus? Untuk menghormati dewa Zeus, sejak tahun 776 SM diselenggarakan pesta olah raga selama 5 hari di gunung Olymphus disebut Olympiade. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh polis baik didataran Yunani maupun daerah-daerah koloninya.
Cabang olah raga yang dipertandingkan meliputi: lari. loncat, lempar lembing, lempar peluru, lempar cakram, gulat, pacuan kuda dan lomba kereta kuda.
Pada malam hari diadakan pertunjukan sandiwara/seni maupun digelar pasar malam.

Para atlit yang semuanya laki-laki bertanding secara sportif. Atlit yang menjadi juara mendapat hadiah dan penghormatan biasanya berupa mahkota dan dedaunan, misalnya daun zaitun di Olymphia, daun Salam di kota Delfi dan daun Peterseli di kota Argolis. Selain itu para pemenang juga memperoleh berbagai hadiah misalnya 100 buyung minyak zaitun, sekantung di kota kediamannya.

Apa manfaat Olympiade bagi bangsa Yunani?
Olympiade bermanfaat sebagai alat pemersatu bagi bangsa Yunani. Karena pada saat Olympiade yang berlangsung 4 tahun sekali setiap polis harus menjaga perdamaian dan menghentikan peperangan. Karena fungsinya sangat penting sebagai sarana pemersatu maka pesta Olympiade di jadikan pesta olah raga dunia.

Selain pemujaan terhadap dewa Zeus dan keluarganya, di setiap negara kota (polis) juga mempunyai dewanya masing-masing. Pemujaan dewa-dewa lokal ini menjadi faktor pemisah masyarakat Yunani.
Untuk mengetahui pemahaman Anda tentang Olympiade, jawablah pertanyaan di bawah ini.
  1. Sejak kapan Olympiade menjadi pesta olah raga dunia untuk yang pertama kali ? ....
  2. Siapakah yang mengusulkan diselenggarakannya pesta olah raga dunia dengan nama Olympiade pada jaman modern ? ....
  3. Pada pesta Olympiade di mana dan kapan, Indonesia memperoleh medali emas yang pertama ? ....
  4. Siapakah olahragawan dan olahragawati yang meraih medali emas tersebut ? .... dan ....
  5. Apakah manfaat Olympiade tersebut dapat diterapkan pada abad 21 ini ? Jelaskan!
Diskusikan pertanyaan di atas dengan teman-temanmu. Jika menemui kesulitan, tanyakanlah kepada guru olah raga. Kumpulkan jawabanmu kepada guru bina Anda di sekolah penyelenggara.

Apakah Anda hobi olag raga bahkan juga sebagai atlet mewakili daerahmu ? Bagus ! Kembangkan terus hobi dan bakatmu yang positif.

Selain pemujaan kepada dewa-dewi di gunung Olymphus, masyarakat Yunani juga sering mendatangi kuil penujuman/ ramalan di kota Delphi. Masyarakat Yunani memiliki kebiasaan sebelum melakukan segala sesuatu mereka meminta ramalan di kuil tersebut.

Sampai di sini apakah Anda sudah menguasai uraian di atas dengan baik ? Jika sudah, kini lanjutkan kesungguhan Anda untuk mempelajari uraian yang tidak kalah pentingnya yaitu peninggalan budaya Yunani.

Peninggalan Budaya Yunani

1.
Seni Sastra.
Sastrawan terkenal dari Yunani adalah Homerus yang menulis kitab Illiad dan Odysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengan kejadian sejarah yang disebut perang Troya. Kota Troya terletak di Semenanjung Anatolia di Selatan Selat Dardanella. Seorang peneliti dari Jerman yang bernama Heinrich Schlieman telah menemukan beberapa bukti peninggalan peradaban kota Troya seperti yang dilukiskan dalam karya Komerus tersebut. Apa isi karya sastra Homerus tersebut ?

Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troya yang disebabkan karena puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya (perhatikan gambar 5. di bawah ini).

Gambar 5. Relief Penculikan Putri Helena oleh Pangeran Paris
Terjadilah peperangan antara raja Agamemmon dari Yunani dengan raja Priamus dari Troya. Pahlawan Troya yang bernama Hector dapat dikalahkan oleh pahlawan Yunani yang bernama Achilles. Tentara Yunani dapat memenangkan perang melalui siasat “Kuda Troya” atas ide raja Odysseus.
Tahukah Anda tentang siasat tersebut? Kuda Troya merupakan sebuah kuda kayu raksasa yang di dalamnya digunakan untuk bersembunyi tentara Yunani.
Kuda tersebut diletakkan di luar benteng kota Troya. Orang Troya tertipu, kuda kayu dikira hadiah lalu ditarik ke dalam benteng. Ketika dibuka tentara Yunani berhamburan dan menyerang secara mendadak.
Sementara itu armada yang berpura-pura meninggalkan Troya datang kembali ikut menyerbu. Sehingga pasukan Troya mengalami kekalahan.

Kitab Odysseia mengisahkan tentang pengembaraan Odysseus sepulang dari Troya. Karena isterinya yang bernama Penelope menikah lagi maka puteranya yang bernama Telemachos menyusulnya mengembara.

Bagi bangsa Yunani kisah Illias dan Odysseia ini menjadi salah satu kebanggaan dan alat pemersatu bangsa Yunani.
Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi alat pemersatu bangsa Yunani itu?
Beberapa faktor pemersatu bangsa Yunani adalah:
1. Kegiatan Olympiade untuk pemujaan dewa di Olymphus setiao empat tahun sekali.
2. Cerita Illias dan Odyseia.
3. Merasa satu keturunan yaitu bangsa Hellas.
4. Merasa satu tanah air yaitu tanah Hellas/Yunani.
5. Kebiasaan mendatangi kuil penujuman/ ramalan di kota Delphi.
Selain seni sastra karya Homerus yang bersifat Wira Carita (cerita kepahlawanan), masyarakat Yunani juga menyenangi Seni drama. Orang Yunanilah yang pertama menulis drama yang dapat merasakan tentang orang lain dari sisi kehidupan. Cinta, kebencian, pembunuhan, misteri dan lain-lain. Beberapa tokoh drama tragedi antara lain Aeschylus dengan karyanya yang berjudul Oresteia, Sopochles dengan karyanya berjudul Antigone. Sedangkan drama komedi tokohnya Aristophanes dengan karyanya berjudul Lysistrata. Apakah Anda senang bermain drama, pernahkah memainkan salah satu karya drama Yunani di atas? Atau pernahkah Anda menyaksikan pementasan drama dengan cerita di atas?
Jika di sekolah penyelenggara atau sekolah lain di kota sempatkanlah Anda menyaksikan karena akan menambah wawasan Anda.

Selain seni sastra, peninggalan budaya Yunani yang terkenal adalah seni bangunan dan seni pahat. Simaklah uraiannya berikut ini.

2.
Seni Bangunan dan Seni Pahat
Pada awalnya seni patung/pahat Yunani menghasilkan patung seperti patung bangsa Mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup dengan gaya naturalis. Patung dibuat dari marmer dan perunggu. Pemahat yang terkenal di Yunani bernama Phidias, sedangkan arsitek bangunan yang terkenal antara lain bernama Ikhtinus.

Seni pahat menghasilkan berbagai patung para dewa maupun tokoh yang terkenal misalnya Dewa Zeus, Perikles, Plato, Aristoteles dan lain-lain. Perhatikanlah gambar patung dada Plato di bawah ini!

Gambar 6. Patung dada Plato
Pada masa pemerintahan Perikles seni bangunan Yunani berkembang pesat. Peninggalan bangunan kuno Yunani antara lain kuil pemujaan. Di bukit Acropolis berdiri megah kuil Parthenon dan kuil Erechteum yang di dalamnya terdapat patung dewi Palas Athena.

Pada gambar di bawah ini Anda dapat mengamati gambar kuil Partenon. Apakah Anda tertarik dengan tiang bangunannya? Tiang tersebut dikenal dengan gaya Doria. Selain gaya Doria masih ada dua gaya Korintia dan Ionia. Untuk lebih jelasnya Anda dapat mempelajari dari pendidikan seni.

Gambar 7. Kuil Partenon di bukit Acropolis
Di bukit Olymphus dibangun kuil untuk dewa Zeus yang disebut kuil Altis. Di daerah koloni Yunani juga dibangun kuil misalnya kuil Zeus di Italia Selatan, kuil Apollo di Milate dan lain-lain.

Selain kuil, peninggalan bangunan Yunani adalah gedung theater pada gambar 8. Anda dapat menyaksikan gambar theater di Epidaurus yang sangat megah.

Gambar 8. Theater di Epidaurus
Teater adalah panggung di lapangan terbuka untuk pementasan misalnya komedi. Penonton duduk di bangku-bangku yang terbuat dari batu. Bagi orang Yunani, teater merupakan bagian pendidikan dan setiap orang dianjurkan untuk menonton.
Anda telah mempelajari sistem kepercayaan dan peninggalan budaya Yunani.
Tuliskan penjelasanmu terhadap tokoh atau bangunan yang tertera pada tabel di bawah ini. Setelah Anda menyelesaikannya, cocokkanlah dengan keterangan di bawahnya.
Tabel 2. Penjelasan tentang tokoh dan bangunan Yunani.

Penjelasan dari tokoh dan bangunan Yunani tersebut adalah :
1.   Sastrawan Yunani, pengarang kitab Illiad dan Odyseia.
2.   Dewi pelindung kota/ keselamatan.
3.   Dewi kecantikan.
4.   Dewa kesenian.
5.   Pencipta “kuda Troya”, tokoh pahlawan Yunani dalam perang melawan Troya.
6.   Kuil di bukit Acropolis yang di dalamnya terletak patung Dewi Pallas Athena.
7.   Kuil untuk pemujaan dewa Zeus di bukit Olymphus.
8.   Ahli pahat jaman raja Perikles yang membuat patung dada dari tokoh-tokoh dewa, hera dll.
9.   Seorang dramawan Yunani yang menciptakan drama berjudul Antigone.
10. Raja Sparta yang bermusuhan dengan Priamus Raja Troya dalam Perang Troya.
Nah tentu Anda dapat menjawab dengan benar. Selamat ! Kini teruskan konsentrasi Anda untuk mempelajari warisan budaya Yunani yang sangat penting yaitu filsafat dan ilmu pengetahuan melalui uraian ini.

3.
Filsafat dan Ilmu Pengetahuan.
Seperti sudah disinggung pada uraian pemerintahan Yunani, ternyata polis Athena melahirkan banyak ahli pikir yang mewariskan pengetahuannya bagi umat manusia. Tepatlah ungkapan Socrates yang menyatakan : “Bila Anda ingin menemukan orang kuat pergilah ke Sparta, tetapi bila Anda ingin menjumpai orang pintar dan bijak, datanglah ke Athena”.
Ada 3 orang filsuf yang perlu Anda ketahui yaitu: bila ada sisipkan gambar2 socrates, plato, aristoteles, dll.
  1. Socrates (469-399 S.M.),
    Ajarannya tentang filsafat etika atau kesusilaan dengan logika sebagai dasar untuk membahasnya. Socrates mengajarkan agar manusia dapat membedakan apa yang baik atau buruk, benar atau salah, adil atau tidak adil. Ajarannya ditujukan kepada anak muda yang diajaknya berdiskusi. Ia akhirnya di hukum mati dengan minum racun karena tuduhan telah merombak dasar-dasar etika masyarakat Yunani kuno serta tidak percaya kepada dewa-dewa yang disembah masyarakat.
  2. Plato (427-347 S.M.),
    Ajaran filsafatnya disebut filsafat idea. Ia menulis banyak buku, salah satunya berjudul Republica. Dalam buku tersebut diuraikan tentang kebahagiaan hidup yang dapat dicapai bila manusia bekerja dengan wataknya dan wanita diangkat derajatnya. Plato juga mendirikan pusat pendidikan bernama Academus.
  3. Aristoteles (384-322 S.M.).
    Ia adalah murid Plato, merupakan ahli di bidang biologi dan ketatanegaraan. Karyanya yang terkenal antara lain Klasifikasi Flora dan Fauna di Kepulauan Aegeia. Di bidang ketatnegaraan, ia berpendapat bahwa sistem pemerintahan yang baik adalah republik. Pemerintahan yang baik mengutamakan kebahagiaan sebesar-besarnya untuk seluruh rakyat. Aristoteles adalah pendiri pusat pendidikan bernama Peripatetis. Salah seorang muridnya ialah Alexandar Agung, raja Macedonia.
Kemajuan bangsa Yunani di bidang ilmu pengetahuan dapat dilihat dari deretan ilmuwan sebagai berikut:
  1. Pythagoras,
    ahli matematika yang melahirkan dalil untuk segitiga siku-siku. Tentu Anda tahu rumus Phytagoras !
  2. Hipokrates,
    bapak kedokteran. Ia dapat menyebutkan sebab timbulnya penyakit dan cara mengobatinya yang ditulis dalam buku berjudul Aphorismen dan Prognose. Sumbangannya yang terkenal adalah sumpah dokter yang berlaku sampai sekarang.

Untuk memahami isi sumpah dokter, carilah informasi tentang hal tersebut mungkin dari dokter Puskesmas di sekitar tempat tinggal Anda.
Kemudian diskusikanlah dengan teman-teman Anda tentang penjelasan sumpah tersebut !!
Catatlah dengan rapi isi sumpah dokter dan penjelasan/pendapat Anda.


  1. Archimedes yang menciptakan teori gravitasi dan teori benda mengapung.
  2. Thales dengan pendapatnya: alam fisik terdiri dari satu bahan dasar yaitu air.
  3. Analisagoras dengan pendapatnya: materi terdiri dari beraneka ragam zat renik.
  4. Democritus: ahli atom.
  5. Euclid: ahli ilmu ukur.
  6. Herodotus: Bapak sejarah yang pertama kali mengembangkan sejarah tertulis.
    Masih ingatkah Anda terhadap Herodotus tentang Mesir dan Mesopotamia pada kegiatan 3 di catur wulan 1?
  7. Thucydides: Ahli sejarah yang menulis tentang perang Peloponesos.
Demikianlah beberapa contoh nama ilmuwan yang mewakili kemajuan ilmu pengetahuan Yunani. Pada uraian selanjutnya Anda akan mempelajari masa akhir kejayaan Yunani.

Masa Akhir Kejayaan Yunani

Masa akhir kejayaan Yunani diawali dengan peristiwa sebagai berikut:
1.
Perang Peloponesos 431- 404 S.M.
Perang Peloponesos disebabkan karena polis Athena yang memimpin persekutuan polis-polis di jazirah Attica disebut Liga Delos memiliki pengaruh yang terlalu kuat baik di bidang politik dan ekonomi Yunani sehingga banyak polis yang khawatir menjadi sasaran ”ekspansi” dan dikuasai Athena. Keadaan ini menyebabkan Sparta sebagai pemimpin Liga Peloponesos bangkit memimpin polis-polis lain menghadapi Athena.
Pembentukan liga Delas maupun liga Peloponesos terjadi setelah perang Parsi. Liga Delas dipimpin oleh Athena, tangguh dalam angkatan laut sedangkan Sparta kuat angkatan daratnya. Perang saudara meletus tahun 431 S.M. Sparta menebangi pohon zaitun dan menghancurkan tanaman yang lain untuk melumpuhkan ekonomi Athena. Bencana lain yang dialami Athena adalah munculnya wabah penyakit akibat buruknya sanitasi sehingga menyebabkan kematian seperempat jumlah penduduk Athena termasuk Perikles tahun 429 S.M. Kematian Perikles turut menyebabkan lemahnya kepemimpinan Athena. Pada tahun 404 S.M. Sparta dapat mengalahkan Athena karena bantuan Persia.
Perang saudara tersebut dikisahkan oleh sejarawan Thucydides secara ilmiah artinya ia menulis sejarah berdasarkan fakta dan mencoba menuliskannya secara obyektif.

Bagaimana dampak perang Peloponesos ini bagi Yunani ? Ternyata perang tersebut mengakibatkan rapuhnya pertahanan Yunani untuk menghadapi ancaman dari luar berupa penaklukan oleh Raja Macedonia yang dapat Anda pelajari dari uraian berikut ini.

2.
Yunani dikuasai oleh Alexandar Agung dari Macedonia
Perang Peloponesos mengakibatkan Yunani terpecah-pecah dan semakin lemah. Dengan mudah pada tahun 338 S.M. raja Philipus dari Macedonia dapat menaklukkan Yunani. Philipus terbunuh dan digantikan oleh puteranya bernama Alexander Agung yang memerintah pada tahun 336-323 SM.

Amatilah gambar 9 tentang Alexander Agung. Gambar tersebut terdapat pada mata uang 4 drachma yang terbuat dari perak dikeluarkan sekitar tahun 300 S.M.

Gambar 9. Alexander Agung
Alexander Agung menjadi raja pada usia 20 tahun. Ia adalah murid Aristoteles. Cita-citanya adalah menguasai kerajaan dunia pada waktu itu yang meliputi Eropa (Yunani), Afrika (mesir) dan Asia (Mesopotamia dan Persia).
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut Alexander Agung memimpin pasukannya melakukan berbagai penaklukan. Di setiap daerah yang diduduki ia menganjurkan prajuritnya menikahi wanita setempat. Alexander Agung menikahi Roxana, puteri raja Darius III dari Persia, juga puteri Persia yang lain bernama Stateira.
Di wilayah yang telah ditaklukan ia memadukan budaya setempat dengan budaya Yunani sehingga lahirlah budaya baru disebut hellenisme. Alexander Agung juga membangun kota-kota di wilayah kekuasaannya yang semuanya diberi nama Alexandria dan didirikan pula perpustakaan di tiap kota tersebut. Salah satu kota Alexandria yang masih ada Mesir hingga sekarang.
Pada tahun 325 S.M. Iskandar Agung meninggal dunia. Sejak tahun 323 S.M. wilayah kekuasaannya pecah mejadi tiga bagian yaitu Macedonia. Yunani dikuasai oleh Jendral Antigomis, Syria oleh Jendral Seleucos dan Mesir, diperintah oleh Jendral Ptolomeus.
Setelah Anda mempelajari uraian di atas, cobalah Anda menjawab pertanyaan di bawah ini dan tuliskan jawaban Anda pada titik-titik yang tersedia.
  1. Sebutkan dua sebab runtuhnya kejayaan Yunani Kuno !
    ............................................................................................................................
    ............................................................................................................................
  2. Jelaskan langkah-langkah yang ditempuh oleh Iskandar Agung untuk menguasai dan mempertahankan daerah kekuasaannya tersebut !
    ............................................................................................................................
    ............................................................................................................................
    ............................................................................................................................
Untuk meyakinkan pemahaman Anda, sekarang simaklah uraian berikut ini untuk mencocokkan jawaban Anda.
1.
  1. Perpecahan dari dalam berupa persaingan Athena dan Sparta yang menyebabkan Perang Peloponesos.
  2. Serangan raja Philipus dari Macedonia dan dilanjutkan oleh Alexander Agung.
2.
  1. Melakukan penaklukan dengan tentara yang tangguh.
  2. Melakukan perkawinan dengan puteri puteri setempat.
  3. Melakukan percampuran kebudayaan.
Bagaimana jawaban Anda, apakah sudah sesuai ?
Bagus, jika Anda menjawab dengan tepat.
Sekian uraian materi dari kegiatan 1. Semoga Anda telah mampu menguasai materi ini dengan baik.
Untuk mengukur pemahaman Anda kerjakanlah latihan soal dengan cermat.


KEGIATAN 1

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas.

  1. Tuliskan tiga contoh peninggalan peradaban Pulau Kreta.
  2. Jelaskan tentang latar belakang terbentuknya polis-polis di Yunani.
  3. Jelaskan tentang peranan lembaga-lembaga di bawah ini.
    a. gereousia
    b. archon
    c. ephor
    d. aeropagos
  4. Jelaskan seluk beluk tentang Ostracisme yang berkembang di Athena.
  5. Jelaskan tentang kegiatan Olympiade jaman Yunani kuno dan apa peranannya bagi bangsa tersebut.
  6. Sebutkan minimal 3 unsur pemersatu bagi bangsa Yunani.
  7. Jelaskan pandangan/ajaran filsuf Socrates !
  8. Sebutkan sumbangan Plato dan Aristoteles bagi kemajuan pendidikan pada jamannya.
  9. Tuliskan isi sumpah Hipokrates bagi kalangan kedokteran yang berlaku hingga sekarang.
  10. Apa yang Anda ketahui mengenai lari marathon?

Berilah keterangan singkat tentang peristiwa penting yang terjadi sesuai kurun waktu pada bagan di bawah ini.
  1. Tahun 2600 S.M. – 2000 S.M. : ....
  2. Tahun 2000 S.M. : ....
  3. Sekitar Tahun 462 S.M. : ....
  4. Tahun 431 S.M. – 404 S.M. : ....
  5. Tahun 336 – 323 S.M. : ....


Seyogyanya Anda tidak membaca kunci jawaban dari tugas 1 ini sebelum selesai mengerjakan sendiri. Jika Anda telah selesai mengerjakannya kemudian cocokkan jawaban Anda dengan jawaban di halaman belakang modul ini.
Jika masih ada kesalahan cobalah Anda membaca kembali uraian kegiatan 1 ini sampai Anda memahami dengan baik.
Semoga Anda sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar