web 2.0

Jumat, 11 November 2011

Bagaimana Menulis Makalah atau Esai Sendiri

Bagaimana Menulis Makalah atau Esai Sendiri Jilid 2

Sudah membaca cara menulis makalah atau esai bagian satu? Kalau belum silahkan baca bagian tersebut lalu berlanjut ke bagian ini. Bagian ini akan membahas mengenai bagaimana merencanakan dan menjadwal kurun waktu penulisan serta bagaimana mengumpukan bahan penulisan. So … Lets go …!

Merencanakan Penjadwalan dan Kurun Waktu Penulisan

penjadwalan kurun waktu penulisanMerencanakan kurun waktu dan jadwal penulisan sebuah artikel makalah atau esai adalah hal penting bagi seorang penulis dan pembaca nantinya. Hal ini dikarenakan topik yang akan dibahas biasanya berupa masalah atau wacana atau fenomena yang tidak lekang waktu. Karena itu membuat sebuah jadwal dan membatasi kurun waktu penulisan sangatlah penting guna penelitian-penelitian lanjutan.
Kurun waktu penulisan juga berguna untuk mengantisipasi perkembangan topik sebuah esai. Dengan menyusun jadwal penulisan ini, Anda akan dengan mudah melakukan beberapa revisi terhadap sub-sub tema yang sudah pernah ditulis.

Contoh penjadwalan penulisan makalah atau esai

Kurun waktu 3 hari dan makalah terbagi menjadi 3 bab utama
Hari Minggu:
  1. menetukan tema/topik makalah,
  2. mengumpulkan bahan sebanyak-banyaknya baik dari wawancara, buku, koran, majalah, internet, dll.
  3. menyusun sistematikan penulisan (tema utama, pendahuluan, bab 1 dst, sub bab, penutup dan kesimpulan).
Hari Senin:
  1. mulai menulis bagian umum atau pendahuluan,
  2. mulai menyusun bab satu sesuai dengan sub bab yang ada hingga selesai bab 1 sampai bab 3.
Hari Selasa:
  1. membaca ulang seluruh makalah yang sudah ditulis,
  2. melakukan edit seperlunya terhadap bab-bab yang sudah ditulis, baik redaksi, kata-kata, susunan kalimat, posisi transisi dll.
  3. mulai membuat kesimpulan dan penutup,
  4. membaca kembali keselarasan makalah atau esai dengan kesimpulan dan penutup,
  5. menyusun seluruh index dan referensi pada bagian akhir.
  6. minta bantuan teman atau famili untuk membaca makalah atau esai Anda, mintalah kritik dan saran dari mereka, edit seperlunya sesuai dengan kritik dan saran yang ada,
  7. Selesai.
Penjadwalan dan perencanaan kurun waktu penulisan diatas dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan penulisan Anda. Anda dapat bereksperimen sesuai dengan target waktu yang anda perlukan.
lanjut halaman 2 untuk mengetahui materi selanjutnya tentang bagaimana cara mengumpulkan bahan penulisan dan referensi untuk menyusun makalah atau esai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar